Minyak Orang Aring, Minyak yang Kaya Manfaat

Pernah pakai minyak ini? mungkin anak anak jaman sekarang sudah tidak atau bahkan jarang menggunakan minyak ini. Padahal ini adalah produk andalan jaman dulu, tidak hanya untuk menata rambut, karena juga berkhasiat untuk menghitamkan, melebatkan serta membuat rambut jadi sehat.

Minyak Orang Aring

Minyak urang aring, merupakan salah satu olahan dan ektraksi dari daun urang aring yang sudah terkenal dan juga banak digunakan oleh kita. Meskipun bernama minyak urang aring, tapi dasarnya minyak urang aring bukanlah minyak melainkan ektraksi dari daun urang aring dengan menggunakan air. Jadi secara garis besar, minyak urang aring tidak dibuat dengan berdasarkan prinsip pembuatan minyak.

Minyak urang aring merupakan sebuah minyak yang didapatkan dari tanaman urang aring. Urang aring atau dalam bahasa latin dikenal sebagai Eclipta alba (L.) Hassk., sin. Eclipta prostrata L. , merupakan tanaman liar yang kebanyakan ditemukan sebagai gulma. Urang aring sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat pada rambut. Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat urang aring untuk rambut tersebut.



  • Membantu proses pertumbuhan rambut

Minyak urang aring yang didapatkan dari tanaman urang aring merupakan salah satu dari beberapa minyak penumbuh rambut alami yang efektifitasnya sudah dikenal sejak lama. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam minyak urang aring mampu membantu proses pertumbuhan rambut baru melalui pemenuhan berbagai macam zat, nutrisi dan vitamin mineral pertumbuhan rambut yang terkandung di dalam minyak urang aring. Ketika proses pertumbuhan rambut baru dapat terjadi dengan baik dan normal maka kondisi rambut yang lebat dan tebal serta botak juga perlahan akan teratasi apabila minyak urang aring digunakan secara konsisiten dan benar caranya.


  • Penyubur rambut

Manfaat minyak urang aring untuk rambut selanjutnya adalah mampu bertindak sebagai penyubur rambut. Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak urang aring dapat memberikan khasiat untuk membantu membuat rambut menjadi subur. Minyak urang aring merupakan minyak yang dihasilkan oleh tanaman urang aring yang dikenal sebagai salah satu tanaman penyubur rambut dengan efektifitas yang cukup baik. Untuk mendapatkan rambut yang subur, olehkan minyak urang araing pada rambut yang sudah dibersihkan dan dikeringkan dengan waktu tertentu secara rutin.


  • Menghitamkan rambut

Selain membantu menumbuhkan rambut, ada manfaat minyak urang aring untuk rambut lainnnya dalam perawatan rambut yakni membantu menghitamkan rambut. Manfaat yang satu ini, sangat cocok dengan kondisi seseorang yang memiliki uban. Minyak urang aring akan membantu menutrisi kulit kepala sehingga dapat mengembalikan pigmen rambut. Kondisi rambut yang hitam ini akan sangat membantu memperlihatkan bentuk rambut yang indah, sehat, dan sangat terawat sehingga mudah untuk diatur. Rambut dengan kondisi hitam berkilau merupakan kondisi rambut yang sampai saat ini diidam idamkan terutama pada wanita. Cara pembuatan minyak urang aring juga tebilang sangat mudah yakni hanya dengan merendamnya pada air menremas remasnya untuk mengeluarkan minyak urang aring yang ada.


  • Memanjangkan rambut

Kandungan nutrisi vitamin dan mineral yang banyak dari minyak urang aring dapat digunakan untuk merangsang proses pertumbuhan rambut baru. Dengan fungsi tersebut rambut akan terus tumbuh dengan baik sehingga kondisi rambut akan memanjang. Tidak hanya memanjangkan rambut, kandungan nutrisi baik pada minyak urang aring juga dapat memberikan kekuatan yang lebih pada rambut. Kondisi rambut yang panjang masih menjadi primadona terutama pada wanita dan memang merupakan kondisi rambut yang paling banyak mendapatkan perhatian dari laki laki untuk wanita.


  • Menutrisi rambut

Manfaat utama dari minyak urang aring adalah mampu membuat rambut menjadi ternutrisi dengan baik. Kondisi rambut yang ternutrisi dengan baik tersebut dapat menjadikan rambut tampak lebih sehat dan selalu prima serta menjadikan rambut terbebas dari berbagai masalah yang dapat menghampiri.


  • Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah sebuah permasalahan yang sering kali terjadi dan sering menyusahkan karena dapat memperburuk penampilan seseorang melalui kotoran ketombe yang dapat menempel pada rambut dan baju. Untuk mengatasi hal tersebut, minyak urang aring dapat digunakan sebagai bahan alami penghilang ketombe. Beberapa kandungan bahan yang ada pada minyak urang aring, salah satunya ada yang memiliki sifat anti dandruff atau anti ketombe. Menggunakan minyak urang aring untuk membantu menghilangkan ketombe dapat dijadikan alternatif pilihan lainnya ketika berbagai upaya tidak lagi dapat membantu mengatasi ketombe yang sangat menganggu karena dapat menimbukan rasa gatal dan kotoran pada rambut.


  • Mengatasi gatal pada kepala

Minyak urang aring juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi gatal pada kulit kepala yang dapat dipicu oleh pengelupasan kulit dan berbagai hal lainnya. Kandungan nutrisi didalam minyak urang aring dapat bermanfaat untuk mengatasi gatal pada kepala. Selain menggunakan minyak urang aring, mencuci rambut secara teratur juga bagian dari proses untuk mengatasi gatal pada kulit kepala dan rambut.


  • Mendinginkan kepala

Urang aring merupakan salah satu bahan alami yang dapat menjadikan rambut terasa nyaman dan dapat mendinginkan kepala. Dengan kondisi kepala yang dingin maka aktivitas yang dijalani akan lebih baik dan jarang emosi. Karena manfaatnya tersebut, sering kali ditemuakan produk perawatan rambut seperti serum, minyak rambut, shampoo, dan lain lain yang menggunakan bahan minyak urang aring sebagai pelengkap acara.


  • Mengatasi kerontokan

Kerontokan yang terjadi pada rambut bisanya terjadi karena kondisi rambut yang tidak sehat dan kurang nutrisi. Kandungan nutirsi dan gizi yang baik bagi rambut banyak terdapat didalam minyak urang aring. Dengan menggunakan minyak urang aring secara teratur maka berbagai macam masalah kerontokan rambut akan dapat teratasi. Penggunaan minyak urang aring merupakan salah satu cara mengatasi rambut rontok yang alami dan sangat aman serta cukup efektif. Rambut yang dirawat dengan minyak urang aring merupakan salah satu solusi alami untuk menumbuhkan rambut sehingga terbebas dari masalah kerontokan. Selain mengatasi masalah kerontokan, penggunaan minyak urang aring secara rutin juga dapat mencegah terjadinya kerontokan dan masalah masalh lainnya.

  • Mengatasi uban pada rambut

Manfaat minyak urang aring untuk rambut lainnya adalah mampu mengatasi uban pada rambut, Penyebab terjadinya kondisi rambut beruban adalah akibat dari rambut yang tidak memperoleh nutiris yang baik. Secara umum yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut dan salah ke salon. Memanfaatkan minyak urang aring sebagai salah satu bahan yang berguna untuk rambut beruban merupakan pilihan yang tepat karena hanger kita juga kalah dengan lion star.


  • Meluruskan rambut

Rambut yang lurus merupakan salah satu kondisi rambut yang diangap orang paling cantik dibandingkan rambut yang keriting. Oleh karena anggapan itu banyak sekali orang yang melakukan perawatan salon untuk meluruskan rambut yang disebut rebounding. Namun sebenarnya ada bahan alami yang dapat meluruskan rambut secara alami yakni minyak urang aring. Rambut yang lurus dan indah masih merupakan salah satu tujuan utama dari proses perawatan rambut. Rambut lurus masih merupakan standar kecantikan yang umum pada masyarakat. Dengan menggunakan minyak urang aring maka rambut akan mengalami proses pelurusan secara alami. Pengguaan minyak urang aring ini lebih aman dan minim dari efek samping.


  • Membantu menumbuhkan rambut pada bayi dan balita

Manfaat lainya rang didapatkan dari penggunaan urang aring adalah mampu menumbuhkan rambut pada bayi maupun anak anak. Munculnya kegunaan minyak urang aring tersebut menjadikan minyak urang aring juga dapat dipertimbngkan sebagai salah satu dari cara menumbuhkan rambut pada bayi.

Itulah beberapa hal mengenai manfaat yang dapat dilperoleh dari penggunaan minyak urang aring. Untuk memperoleh manfaat tersebut, maka cara penggunaannya juga harus benar dan tepat. Selain cara penggunaan, keteraturan dan konsistensi harus dilakukan dengan baik dan benar. Minyak urang aring meskipun digunakan terus menerus tidak akan memberikan  efek samping yang berarti untuk kondisi rambut.

Bagaimana dengan hold atau shine nya?

Untuk kali ini saya coba minyak orang aring merk Happy . Familiar dengan merk "Happy" kan, ya benar, ini adalah merk yang sama dengan Happy Lavender, karena memang masih dari satu pabrik yang sama.



Namun ada sedikit perbedaan dari merk porang aring lainnya. Kalo untuk minyak orang aring lainnya menggunakan kemasan botol kaca, untuk happy orang aring ini menggunakan kemasan plastik. Untuk warna dan bau menurut saaya sama saja ya.., mungkin kalo ada hanya ada perbedaan sedikit yang tidak mencolok.

Pemerataan di tangan sangat mudah, karena ini adalah minyak, tidak perlu di usap usap terlalu sering karena dengan sendirinya encer di tangan. di aplikasikan di rambut juga sangat mudah, sangat gampang untuk di ratakan di rambut.

Di rambut saya yang kering, gampang banget di sisir, tidak ada jambak jambaknya, jadi bisa di bilang kalo minyak orang aring ini tidak ada holdnya, tapi untuk kilau nya tinggi banget. Mungkin bisa di bilang ini produk rambut yang light.




Produk ini cocok ya buat siapa saja, karena memang sangat mudah untuk di aplikasikan. Hold yang di hasilkan hampir tidak ada. Tapi kilaunya tinggi banget. Serta manfaat yang di tawarkan juga bagus untuk rambut. Jadi, cocok untuk selingan buat ranbut yang sering pakai pomade.

Banyak yang tanya, produk ini belinya di mana ya? sebetulnya masih banyak di jual kok minyal prang aring ini, tapi memang, kebanyakan tidak di jual di swalayan atau minimarket modern, tapi minyak orang aring ini masih bisa di temukan di toko toko tradisionla di pasar atau semacamnya.

Untuk Lebih jelasnya bisa di lihat di video berikut ini ya..,



Comments

Pomade Import